Minggu, 02 Desember 2012

Panduan Pengisian Aplikasi Profil Sekolah Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Unofficial Guide)

Dinas Pendidikan Kota Surabaya telah mengembangkan sebuah Aplikasi Profil Sekolah yang digunakan untuk meningkatkan akuntabilitas publik terutama di bidang pendidikan. Aplikasi ini merupakan proyek percontohan yang dikembangkan Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam memenuhi kebutuhan data dari level sekolah sampai ke tingkat departemen yang terkait dengan pendidikan. BOS, BOPDA, BIOUN, Sertifikasi, maupun data lain direncanakan memanfaatkan aplikasi ini sebagai pusat data. Sekolah nantinya menjadi ujung tombak pengisian data yang seakurat mungkin supaya data tersebut dapat dipakai dengan bertanggung jawab dan dialokasikan kepada pihak yang berhak. Terobosan ini patut mendapat apresiasi meskipun aplikasi ini masih dalam taraf pengembangan. Selama ini sekolah selalu menjadi incaran beberapa departemen dalam penggalangan data yang terkesan kurang terkoordinasi. Sekolah selalu disibukkan dengan format-format isian data yang mestinya bisa diminimalisir dengan memanfaatkan teknologi informasi dan terdapat pusat data nasional yang memungkinkan tiap departemen tersebut tidak langsung turun mencari data ke sekolah. Semoga aplikasi yang dikembangkan Dinas Pendidikan Kota Surabaya bisa menjadi titik awal perkembangan sistem informasi birokrasi secara nasional dan berikut ini petunjuk sederhana penggunaan aplikasi profil sekolah Dinas Pendidikan Kota Surabaya :
  1. Aktifkan web browser Anda dan akses alamat berikut http://profilsekolah.dispendik.surabaya.go.id/
  2. Gunakan NPSN sebagai username Anda dan password yang sudah diperoleh dari administrator website dipilihan PIHAK SEKOLAH.
  3. Masukkan data menurut kategori masing-masing, ada profil sekolah, guru, siswa, dan peta sekolah, dengan cara klik tombol MASUK.
  4. Pengisian profil siswa lihat gambar 1 :
Gambar 1

1 komentar:

  1. Kami jasa pengisian ulang tabung pemadam untuk segala jenis isi

    Silahkan hubungi kami di
    http://isiulangtabungpemadam.com

    081331828237
    Trimakasih

    BalasHapus

Silahkan Isi dengan Bijak